Kemenag Baubau Tanda Tangan Kerja Sama dengan IAIN Kendari

Kemenag Baubau Tanda Tangan Kerja Sama dengan IAIN Kendari

Baubau - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tandatangan kerja sama terkait penerapan dan pengembangan pengetahuan Mahasiswa. Penandatangan tersebut bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (29/03/2021).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Dekan FUAD IAIN Kendari Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd dan Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Baubau H. Rahman Ngkaali, S.Ag., M.Pd yang disaksikan Ketua Baznas Kota Baubau, Muhadi Ilimi, Plt, Kasubbag TU, Khairiyati Rahmah, S.HI., M.HI, dan Kasi Bimas Islam Kan Kemenag Baubau, H. Sanudin S.Ag., M.A bersama para Kepala KUA Kecamatan se-Kota Baubau, Penyuluh Agama Islam dan Pengelola Gerobak Bakso Halal serta rombongan tenaga pengajar FUAD IAIN Kendari.

Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Baubau H. Rahman Ngkaali, S.Ag., M.Pd menjelaskan bahwa ruang lingkup kerja sama yang tertuang dalam perjanjian yakni masing-masing pihak jika diperlukan berhak memberi bantuan Tridarma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) serta tenaga pengajar.

"Jadi jika diperlukan, para pihak berhak melakukan penelitian bersama baik di Sulawesi Tenggara maupun di seluruh Indonesia, " jelasnya

"Intinya kami berkewajiban akan saling membantu sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan fungsi kelembagaan masing-masing, " kata pria yang diketahui juga sebagai ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Baubau.

"FUAD IAIN Kendari tertarik dengan kegiatan Gerobak Bakso Halal (GBH) yang sudah kita launching di awal tahun 2018 lalu. Launching GBH saat itu, kita bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Baubau, karena itu kita hadirkan BAZNAS Kota Baubau pada kegiatan hari ini, " ucap Mantan Kasubbag Hukum dan Kerukunan Umat beragama Kanwil Kemenag Sultra.

Sementara itu Dekan FUAD IAIN Kendari Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd mengungkapkan alasannya memilih kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Baubau.

Menurutnya, Kemenag Baubau sudah melakukan terobosan terbaru terkait dengan pemanfaatan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) lewat Gerobak Bakso Halal (GBH) yang diberikan pada Mustahik.

"Selain itu, lembaga kami meriset terkait ini dengan tujuan untuk memberikan edukasi pengembangan seperti apa. Dan kenapa di Kemenag Baubau bisa, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama agar kita bisa menjual pada yang lain. Supaya orang tahu kalau inilah hasil dari Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) kita, " tambahnya.

"Kami juga memiliki program studi manajemen dakwah dan itu konsentrasinya ada di ZIS, maka ini akan menjadi studi banding terkait riset pengembangan pemanfataan ZIS untuk dikembangkan, " terangnya.

Diketahui, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengembangan program studi. Kolaborasi dengan Kemenag Baubau mengusung tema 'Transformasi Mustahik menjadi Muzakki berbasis Gerobak Bakso Halal (GBH) menghadirkan juga pemateri ketua BAZNAS Kota Baubau.

Acara penandatangan kerja sama tersebut diwali dengan launcing GBH dan launcing zakat uang di lingkungan Kemenag Baubau yang disaksikan secara langsung melalui video.

Baubau
Hasan Basri

Hasan Basri

Previous Article

Kapolres Baubau Apresiasi dan Dukung Keberhasilan...

Next Article

BEM UNU Sultra Desak Pemerintah untuk Hentikan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 81

Postingan Tahun ini: 520

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 988

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 28

Postingan Tahun ini: 172

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 26

Postingan Tahun ini: 515

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Hasil PSU Pilkada Di Gugat Ke MK, Daerah PSU Masuk Sengketa Jilid II
Polemik, Terjadi Dualisme Ketua DPC Partai Gerindra di Bantaeng

Follow Us

Recommended Posts

6 Orang Diperiksa Jaksa Kejagung RI Sebagai Saksi Dugaan Korupsi pada PT. ASABRI
Jampidum Terima SPDP Dari Densus 88 Tentang Dugaan Pidana Terorisme Tersangka M
Terhitung Mulai 6 Mei 2021, Pemerintah Tiadakan Arus Mudik dari Buton Tengah ke Baubau
Terindikasi Rusak Lingkungan Sekitar, Komunitas SEM Tolak Perkebunan Tebu di Kulbar
Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Bhabinkamtibmas Jadi  Problem Solving  Masyarakat