Kades Tolihe Harap Raih Juara Satu Lomba Desa

Kades Tolihe Harap Raih Juara Satu Lomba Desa
Kades Tolihe, Waminarsih.

KONAWE SELATAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) sedang mengadakan lomba desa tingkat kabupaten. Pada hari ketiga, tim penilai yang bertindak sebagai Tim III yang merupakan gabungan dari stakeholder menyambangi Desa Tolihe, Kecamatan Baito pada Rabu, (31/03/2021).

Rombongan Tim III dipimpin Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konsel Alimun, S.Ag dan disambut dengan Camat Baito Hariyanto Liambo, SP., M.PWK bersama Kepala Desa (Kades) Tolihe Waminarsih, S.Pd.

Ketua Tim III Penilai Evaluasi Lomba Desa Alimun, S.Ag saat dikonfirmasi oleh media ini mengemukakan bahwa penilaian lomba desa yang dilakukan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Konsel.

Sebelumnya kata Alimun, pihaknya berkunjung di Desa Telutu jaya, Kecamatan Tinangge, dan Desa Tanea Kecamatan Wolasi,

Dikatakan Alimun dalam penilaian lomba desa tetap mengacu pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dimana lomba desa ini, untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat agar berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

"Secara umum aspek penilaian sama, yaitu dari aspek Pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Kita berharap bahwa lomba desa ini betul-betul dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir, " jelasnya.

Di sisi lain, Sekretaris DPMD Konsel mengatakan bahwa Pemda Konsel sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa, sehingga bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa yang bersangkutan.

"Lomba ini sasarannya bukan hanya antara desa saja, tapi yang paling terpenting adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa di prioritaskan, sehingga ketika peningkatan kesejahteraan betul terjadi yang diuntungkan juga adalah Pemkab Konsel, " tandasnya.

Disebutkannya pula bahwa desa terbaik yang meraih juara I akan mewakili Kabupaten Konsel pada lomba desa di tingkat selanjutnya atau di tingkat regional.

"Desa yang terpilih nanti berarti adalah desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba desa tingkat provinsi nanti, " ungkap Alimun.

Tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Konsel sesuai jadwal juga akan menyambangi desa-desa yang telah dijadwalkan untuk di kunjungi.

"Jadi kami terbagi tiga tim, saya masuk Ketua Tim III pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konsel, Provinsi Sultra pada tahun ini di kepemimpinan Plt. Bupati Konsel, " ucapnya.

Sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 bagaimana mengevaluasi perkembangan itu dalam kurun waktu tertentu. Hal itu dinilai berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi, perubahan dari sisi pembangunan, dari sisi pemerintahan maupun dari perkembangan kegiatan-kegiatan PKK.

Kades Tolihe, Waminarsih mengharapkan dukungan dari semua pihak dan para stakeholder, termasuk dukungan dari para kepala desa lainnya untuk memberikan semangat dan motivasi dalam menyukseskan lomba desa tingkat kabupaten.

"Untuk lomba desa tahun ini saya optimis bisa dapat juara I, dan saya siap mengikuti lomba desa tingkat provinsi nantinya bila dapat juara I, " harapnya.

"Saya ucapkan terimah kasih kepada para perangkat desa,   ketua PKK Kecamatan Baito beserta anggotanya, semua masyarakat, khususnya masyarakat Tolihe berkat kerja sama yang baik suport dan dukungannya sehingga kita berhasil menyelenggarakan kegiatan ini, " sambung Kades Tolihe saat mengakhiri perkataannya. (Sultan)

Konawe Selatan Sultra
La Anto

La Anto

Previous Article

Dua Lembaga Ini Soroti Aktivitas Pertambangan...

Next Article

Dampingi Kunker Kepala BKPM RI, Pj Bupati...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 81

Postingan Tahun ini: 520

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 988

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 28

Postingan Tahun ini: 172

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 26

Postingan Tahun ini: 515

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Hasil PSU Pilkada Di Gugat Ke MK, Daerah PSU Masuk Sengketa Jilid II
Polemik, Terjadi Dualisme Ketua DPC Partai Gerindra di Bantaeng

Follow Us

Recommended Posts

6 Orang Diperiksa Jaksa Kejagung RI Sebagai Saksi Dugaan Korupsi pada PT. ASABRI
Jampidum Terima SPDP Dari Densus 88 Tentang Dugaan Pidana Terorisme Tersangka M
Terhitung Mulai 6 Mei 2021, Pemerintah Tiadakan Arus Mudik dari Buton Tengah ke Baubau
Terindikasi Rusak Lingkungan Sekitar, Komunitas SEM Tolak Perkebunan Tebu di Kulbar
Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Bhabinkamtibmas Jadi  Problem Solving  Masyarakat