Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama, Kades Lakapera Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an

Junjung Tinggi Toleransi Antar Umat Beragama, Kades Lakapera Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an
Kades Lakapera La Owo Maksimus, S.Ag (kanan, duduk berbaju hijau) bersama Kepala KUA Kecamatan Gu Safiuddin, S.Ag (tengah, duduk berbaju putih) saat foto bersama, Kamis (29/04/2021) sore.

BUTON TENGAH - Sebagai bentuk toleransi antar umat beragama, Kepala Desa (Kades) Lakapera La Owo Maksimus, S.Ag turut menghadiri undangan pada peringatan Nuzulul Qur'an, yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan penerimaan hadiah pemenang Lomba Tilawah Al-Qur'an di Masjid Al Hidayah yang diadakan oleh Umat Islam Desa Lakapera, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), yang dimulai pada pukul 16.00 WITA, Kamis (29/04/2021).

Meskipun menganut Agama Katolik, La Owo Maksimus mengaku merasa terhormat saat didaulat memberikan pengarahan bagi para remaja yang menghadiri kegiatan tersebut.

"Setelah saya diundang selaku Kepala Desa Lakapera untuk menghadiri acara Nuzulul Qur'an di Masjid Al Hidayah berarti saya sangat dihargai. Secara pribadi saya juga merasa terhormat ketika saya diundang untuk hadir, saya juga merasa sangat nyaman dan merasakan ada kedekatan kekeluargaan yang luar biasa bersama saudara-saudari saya dari Umat Muslim, di sinilah intinya toleransi antar umat beragama, " ujarnya kepada jurnalis Indonesiasatu.co.id via telepon selulernya.

Dikatakannya, pada kegiatan tersebut ia juga merasa terharu ketika didaulat untuk menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang Lomba Tilawah Al-Qur'an.

"Saya sangat terharu, karena saya melihat anak-anak merasa senang sekali saat namanya dipanggil satu per satu untuk menerima hadiah, saya berpikir luar biasa sekali ini kegiatan, " kata La Owo.

Saat memberikan pengarahan kepada generasi muda peserta lomba maupun warga yang sempat hadir, Kades Lakapera menyampaikan bahwa kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an jangan hanya dijadikan sekedar mengenang suatu peristiwa bersejarah turunnya Kitab Suci Al-Qur'an bagi Umat Islam, tetapi yang terpenting adalah dapat mengambil hikmah dari peringatan itu.

"Kemudian bagaimana menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama kita masing-masing di dalam hidup bermasyarakat, salah satunya dengan saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain, peduli terhadap sesama, serta saling membangun, " ucapnya.

Ia juga menitip pesan kepada warga yang beragama Islam di Desa Lakapera, untuk bertanggung jawab terhadap perkembangan iman, moral, dan akhlak terhadap generasi mendatang.

"Khususnya bagi anak-anak kita hari ini, harus diberikan motivasi untuk membangun hidup keagamaannya dengan baik dan benar, " tuturnya.

Diungkapkannya pula, kesan pribadi saat diundang pada Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Al Hidayah, Kades Lakapera ini juga mengaku merasakan semangat kebersamaan dan semangat kekeluargaan yang luar biasa antara Umat Islam dan Katolik di desa yang dipimpinnya.

"Semua sebenarnya tergantung dari pribadinya kita masing-masing. Kita harus memberikan kebebasan bagi saudara-saudari kita yang berbeda agama dengan kita, agar mereka juga bisa menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya dengan tenang, aman, dan nyaman. Intinya bagaimana pun juga, tapi kita adalah satu keluarga besar, yaitu masyarakat Desa Lakapera, " pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gu Safiuddin, S.Ag, Babinsa Desa Lakapera Serda Hardin, serta tokoh masyarakat muslim di Desa Lakapera.

Sultra Buton Tengah
La Anto

La Anto

Previous Article

Insiden Pembakaran Jembatan Milik PT Tiran,...

Next Article

Safari Ramadan, DPD II KNPI Baubau Sedekah...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 81

Postingan Tahun ini: 520

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 988

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 28

Postingan Tahun ini: 172

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 26

Postingan Tahun ini: 515

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Hasil PSU Pilkada Di Gugat Ke MK, Daerah PSU Masuk Sengketa Jilid II
Polemik, Terjadi Dualisme Ketua DPC Partai Gerindra di Bantaeng

Follow Us

Recommended Posts

6 Orang Diperiksa Jaksa Kejagung RI Sebagai Saksi Dugaan Korupsi pada PT. ASABRI
Jampidum Terima SPDP Dari Densus 88 Tentang Dugaan Pidana Terorisme Tersangka M
Terhitung Mulai 6 Mei 2021, Pemerintah Tiadakan Arus Mudik dari Buton Tengah ke Baubau
Terindikasi Rusak Lingkungan Sekitar, Komunitas SEM Tolak Perkebunan Tebu di Kulbar
Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Bhabinkamtibmas Jadi  Problem Solving  Masyarakat