Dampingi Kunker Kepala BKPM RI, Pj Bupati Konsel Harap Kadin Pacu Iklim Investasi Sehat

Dampingi Kunker Kepala BKPM RI, Pj Bupati Konsel Harap Kadin Pacu Iklim Investasi Sehat
Kepala BPKM RI Bahlil Lahadalia, Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, Pj. Bupati Konsel Dra. Hj. Andi Tenri Rawe Silondae, MM, bersama rombongan saat sesi foto bersama.

KONAWE SELATAN - Usai menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bergeser dengan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Turut mendampingi Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH dan Penjabat (Pj) Bupati Konsel Dra. Hj. Andi Tenri Rawe Silondae, MM, Sekretaris Kabupaten Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si dan pimpinan OPD terkait lingkup Pemerintah daerah setempat.

Kunker Kepala BKPM atau dikenal dengan sebutan Menteri Investasi ini dalam rangka melihat langsung potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki daerah. Khususnya di bidang pertambangan.

Sebelumnya, Bahlil meninjau potensi Aspal Buton. Di Konsel ia mendatangi Perusahaan Pertambangan Ifishdeco dan PT. Bintang Smelter Indonesia (BSI).

Di lokasi tersebut, (Rabu, 31 Maret 2021) dirinya mengatakan bahwa kunker dilakukan untuk melihat langsung potensi SDA yang ada, sekaligus bagaimana memaksimalkan potensi SDA tersebut.

"Tentunya ada sinergitas antara perusahaan dan Pemerintah setempat, demi menjaga iklim investasi dan kemajuan serta pertumbuhan ekonomi daerah, "ucap Bahlil.

Bahlil juga menyinggung tentang penataan ulang izin pertambangan (IUP) yang ada di Sultra, termasuk Konsel.

"Kita akan cek kembali dan tertibkan IUP yang telah keluar, agar pemiliknya bisa lebih peduli dan disiplin dalam mengoperasikan perusahaannya, " tegasnya.

Menurutnya, hal itu sangat krusial karena dapat membantu kenaikan persentase pendapatan daerah, serta terciptanya lapangan kerja baru yang berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi di daerah.

Sementara itu, Pj. Bupati Konsel Andi Tenri pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kepala BKPM Pusat, hal ini menunjukkan kepedulian dan komitmen Pemerintah Pusat dalam membantu memajukan daerah.

Di hadapan Bahlil, Pj. Bupati Konsel juga memaparkan bahwa selain pertambangan, Konsel memiliki banyak potensi SDA seperti di bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kehutanan. Untuk itu ia berharap dengan kehadiran Kepala BKPM dapat menjadi spirit baru dalam pengembangan dan optimalisasi potensi SDA.

"Kita berharap kedatangan Kepala BKPM dapat memacu iklim investasi sehat di Konsel dengan memanfaatkan dan memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki daerah, " ujarnya.

Terkait penertiban IUP, Pj. Bupati Andi Tenri menyambut baik kebijakan tersebut, karena Konsel salah satu daerah di Sultra yang memiliki ijin operasional perusahaan swasta yang kurang produktif. 

"Dengan penataan izin usaha tentu dapat berkontribusi membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Namun tetap dibarengi pengawasan dampak lingkungan demi meminimilisir ancaman kerusakan dimasa mendatang, " pungkasnya. (Sultang)

Sultra Konawe Selatan
La Anto

La Anto

Previous Article

Peresmian Permukiman KAT Dihadiri Pejabat...

Next Article

Deklarasi Kepengurusan X-MOC Pengda Sultra...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 81

Postingan Tahun ini: 520

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 988

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 28

Postingan Tahun ini: 172

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 26

Postingan Tahun ini: 515

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Hasil PSU Pilkada Di Gugat Ke MK, Daerah PSU Masuk Sengketa Jilid II
Polemik, Terjadi Dualisme Ketua DPC Partai Gerindra di Bantaeng

Follow Us

Recommended Posts

6 Orang Diperiksa Jaksa Kejagung RI Sebagai Saksi Dugaan Korupsi pada PT. ASABRI
Jampidum Terima SPDP Dari Densus 88 Tentang Dugaan Pidana Terorisme Tersangka M
Terhitung Mulai 6 Mei 2021, Pemerintah Tiadakan Arus Mudik dari Buton Tengah ke Baubau
Terindikasi Rusak Lingkungan Sekitar, Komunitas SEM Tolak Perkebunan Tebu di Kulbar
Kapolri Listyo Sigit Prabowo Minta Bhabinkamtibmas Jadi  Problem Solving  Masyarakat